Friday, June 3, 2011

cara mengatasi physical memory yang error



Pada dasarnya sistem operasi windows menggunakan 2 jenis memory yaitu physical memory (RAM) dan virtual memory (sebagian dari harddisk kita yang dialokasikan seolah-olah sebagai memory) yang biasa juga disebut dengan page file.

Pada saat kapasitas RAM sudah terpakai secara keseluruhan otomatis sistem akan mencoba menggunakan virtual memory yang telah dialokasikan sebelumnya.

Dan apabila kebutuhan dari sistem ternyata masih juga melebihi RAM+Virtual memory maka akan muncul error low virtual memory td.

Error ini dapat diatasi salah satunya dengan cara menambah kapasitas page file pada sistem dengan cara:

Control Panel --> System --> Advance --> Performance Setting --> Advance --> Virtual Memory Change --> Custom size

Penempatan pagefile lebih baik diletakkan pada drive C: apabila kita hanya memiliki 1 physical harddisk. Apabila kita memiliki 2 physical harddisk lebih baik ditaruh di harddisk yang kedua dengan tetap mengalokasikan sebagian kecil pada drive C: (2MB - 50MB udah cukup).

Mengenai berapa besaran paling optimal dari virtual memory itu sendiri selama ini banyak mitos yang beredar sbb:
1. Besaran antara minimum dan maksimum disetting sama untuk menghindari fragmented pagefile yang berlebihan
2. Besaran yang digunakan 2.5 x ato bahkan 3 kali dari kapasitas RAM yang digunakan

Tapi mnrt saya pribadi mendingan nambah RAM aja drpd ngotak2 virtual memory, toh gk begitu ngaruh juga ke performance sistem mengingat virtual memory itu sndr pada dasarnya adalah harddisk yang kecepatannya tidak secepat physical memory (RAM)

Semoga bermanfaat...

semoga bermanfaat * Maju terus indonesia dan tetap berhati-hati dalam hidup ini,semoga bermanfaat dan sukses semoga ALLAH slalu memberikan yang terbaik selamanya kepada galihrezah dan kekasihnya,,,amin hehehe makasih bentar ane mikir dulu buat postingan besok,,hehe hehehe jadi malu kabur ah..hahaha waduh kurang cepet ne balik lagi ah hehehe.. eh ga jadi kabur hihihi maaf-maaf kalau ane ada salah..hehe minum dulu gan salam kenal yah hehehe thanks for visiting this blog and CMIIW (Correct Me If I am Wrong).

No comments:

Post a Comment